Mengenai Saya

Foto saya
Jika kita tidak mampu menjadi pelita yang menerangi malam, maka jadilah kunang-kunang yang menghiasi malam.

View Tower Diresmikan

BENGKULU, BE – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah meresmikan pengoperasian “view tower” atau menara pemantau yang menjadi kebanggaan Gubernur Bengkulu Non Aktif Agusrin M Najamudin di Kelurahan Kampung Cina Kota Bengkulu. Peresmian tersebut dihadiri para pejabat lingkungan Pemprov Bengkulu, Walikota Bengkulu H Ahmad Kanedi SH, MH dan Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Tidak hanya meresmikan pengoperasian menara setinggi 43 meter yang dilengkapi dengan lift dan sejumlah fasilitas tersebut, acara itu juga diisi Ceramah Ustad Kondang Sholeh Mahmoed atau lebih dikenal dengan Ustad Solmed.Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Andi Rosliansyah dalam sambutannya mengatakan, selain untuk memantau tinggi gelombang laut, mengingat Bengkulu adalah daerah rawan gempa dan tsunami, menara itu juga akan mendukung pariwisata Bengkulu.

 “Menara ini multifungsi, selain untuk memantau gelombang laut juga terbuka untuk umum yang ingin melihat pemandangan seluruh kota dan laut yang indah,” katanya.Tidak hanya itu, lapangan di sekitar menara akan dijadikan lokasi evakuasi bencana, sedangkan bagian basement atau lantai dasar akan dilengkapi dengan diorama dan relief tentang perjuangan rakyat Bengkulu merebut kemerdekaan hingga mengisi pembangunan.

Ia mengatakan untuk menambah fasilitas pendukung menara tersebut, pada 2012 dianggarkan dana sebesar Rp 8 miliar dari APBD provinsi. Fasilitas pendukung tersebut antara lain panggung, taman dan lapangan evakuasi, serta musala. “Kawasan ini diharapkan memiliki multifungsi, termasuk bisa menjadi tempat berwisata masyarakat,” tambahnya. Pembangunan “view tower” sudah selesai dan akan dibuka untuk umum, sedangkan pembuatan diorama dan relief akan dikerjakan tahun ini. Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu meminta masyarakat ikut menjaga menara yang multiguna itu, termasuk memanfaatkan keberadaannya untuk meningkatkan perekonomian.

“Menara ini akan menjadi landmark Bengkulu, jadi kalau di Yogyakarta, para pengrajin di sana pasti sudah membuat miniaturnya, untuk dijual kepada pengunjung,” katanya.Selain itu, ia juga berharap pembangunan diorama dan relief di lantai dasar akan menjadi gambaran dan dokumentasi perjuangan masyarakat Bengkulu dalam merebut kemerdekaan.

Pada kesempatan tersebut, di lokasi lantai dasar dilangsungkan pameran pembangunan Provinsi Bengkulu yang antara lain berisi capaian pembanguan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi dan lain sebagainya. Pameran itu akan berlangsung hingga Minggu (1/4) sehingga masyarakat masih memiliki waktu untuk mendatangi tempat tersebut.Wakil Ketua III DPRD Provinsi H Helmi Hasan SE saat menghadiri peresmian View Tower tersebut berharap agar proyek yang dibangun dengan APBD itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

”Berharap jeberadaan View Tower ini dimanfaatkan dan dirawat. Jangan hanya bisa membangunnya saja, tetapi harus dijaga bersama-sama. Masyarakat harus ikut menjaga,” ujarnya.(100)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar